5 Cara Pamungkas Membedakan Produk Kulit, Asli atau Palsu?

cara membedakan kulit asli dan palsu
lazada.co.id

Cara Membedakan Produk Kulit – Seiring berkembangnya industri penyamakan kulit, berbagai produk kulit imitasi pun banyak bermunculan.

Hal ini bermula karena harga produk kulit asli yang tidak bisa dijangkau oleh semua kalangan. Sehingga terciptalah produk kulit imitasi dengan harga lebih murah.

Produk kulit identik dengan kemewahan karena memiliki kualitas yang eksklusif dan tahan lama.

Bahkan produk dari kulit sintetis pun tak kalah bagusnya. Sehingga banyak orang-orang yang tidak menyadari letak perbedaan keduanya.

Bagi yang tidak terlalu paham dengan perbedaan produk kulit asli dan palsu (sintetis), anda harus berhati-hati saat belanja.

Terkadang ada saja penjual yang tega memberikan harga tinggi padahal produk yang dijualnya terbuat dari kulit imitasi.

Produk kulit sintetis hanya memiliki umur 1/3 dibandingkan dengan produk kuli asli. Dimana jika dijaga dan dirawat dengan benar, produk kulit asli dapat bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Sedangkan produk kulit sintetis dalam hitungan setahun atau dua tahun akan terkelupas.

Cara Membedakan Produk Kulit Asli dan Palsu

cara membedakan kulit asli dan palsu
bp-guide.id

Lalu bagaimana agar anda jeli sebagai konsumen produk kulit? Berikut beberapa cara membedakan produk kulit asli dan palsu:

Cek Aroma dan Tekstur Kulit

Cara yang paling mudah adalah dengan mencium aroma kulit dan merasakan tekstur permukaan sebuah produk. Kulit asli biasanya memiliki aroma khas yang tidak dimiliki oleh kulit palsu (sintetis).

Setiap tahapan proses penyamakan akan membentuk aroma khusus dimana mendekati aroma asli kuli. Tentu saja aroma tersebut tidak akan tercium di produk yang berasal dari kulit sintetis.

Proses penyamakan juga akan menciptakan tekstur yang cenderung tidak sempurna.

Tidak seperti kulit sintesis yang memiliki tekstur permukaan yang licin, kulit asli cenderung memiliki tekstur seperti kain, berpori-pori, dan cenderung berbulu.

Tekstur tersebut tergantung pada ketebalan kulit hewan yang digunakan. Pada kulit hewan terdapat organ-organ atau jaringan tertentu yang akan membentuk pola secara alami ketika dilakukan proses penyayatan.

Cek Kerutan Kulit

Mudahnya untuk mengecek kerutan kulit asli atau palsu, bayangkan saja kerutan pada kulitmu. Kulit manusia memiliki tekstur yang elastis dan lentur. Dimana disaat diberikan tekanan akan mengkerut secara alami.

Begitu juga pada produk kulit asli, tekan permukaan produk tersebut jika menghasilkan kerutan maka produk tersebut terbuat dari kulit asli.

Namun metode ini kadang tidak berlaku pada produk kulit yang bersifat kaku dan lebih keras, seperti kulit saffiano dan patent leather

Cek Label Produk Kulit

Saat belanja cobalah scanning label produk kulit yang akan kamu beli, cek dengan teliti keterangan yang tertulis pada label.

Produk kulit asli biasanya bertuliskan genuine leather, real leather, top/ full grain leather, atau made with animal products pada labelnya.

Sedangkan produk kulit sintetis pada labelnya bertuliskan synthetic leather, manmade material, dan lain sebagainya. Intinya jangan lupa cek label sebelum membayar ya guys!

Cek Ketidak-sempurnaan Permukaan Kulit

Selain aroma dan tekstur kulit, satu hal lagi yang tidak boleh anda lewatkan disaat akan membeli produk kulit adalah cek kondisi permukaan kulit.

Layaknya kulit manusia, kulit asli tidak akan menghasilkan bentuk yang sempurna.

Pada produk anda akan menemukan pola goresan, kerutan, dan warna yang berbeda.

Hal ini merupakan sebuah kelebihan dari produk kulit asli, dimana menghasilkan pola alami yang berbeda dan tidak sama antara produk satu dengan yang lainnya.

Pada bagian pinggir kulit asli juga terdapat pola potongan yang tidak rapih atau meninggalkan serat-serat kulit. Sedangkan pada kulit sintetis pola pemotongan akan rapih, kompak, dan seragam.

Tes Menggunakan Api

Cara terakhir ini dapat digolongkan bersifat merusak produk. Namun jika anda kurang yakin dengan keempat cara di atas, cara ini dapat anda gunakan.

Bakarlah produk tersebut selama 5-10 detik, produk yang terbuat dari kulit sintetis akan terbakar seluruhnya.

Sedangkan produk yang terbuat dari kulit asli hanya akan terbakar sedikit saja dan menghasilkan aroma kulit terbakar, atau seperti aroma rambut terbakar.

Nah, itulah lima cara pamungkas yang dapat anda coba untuk membedakan kulit asli atau sintetis. Jangan sampai terkecoh dengan rayuan gombal di toko ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.