Cara Mencuci Jaket Kulit | Perhatikan Tiga Hal Penting Berikut Ini!

Cara mencuci jaket kulit tidak sama dengan mencuci jaket dari bahan kain lainnya. Mencuci jaket kulit haruslah sesuai dengan ketentuan yang ada pada label yang tertempel pada bagian jaket.

Jika asal mencuci seperti mencuci baju biasa apalagi dengan memasukkannya ke dalam mesin cuci dan pengering bisa-bisa jaket kulit kesayangan akan rusak.


Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Jaket Kulit


Sebenarnya jaket kulit perawatannya tidak terlalu sulit bahkan tidak perlu capek-capek dicuci. Perawatan jaket kulit yang benar adalah dengan men-dry clean-nya saja atau membersihkan tanpa harus membasahinya.

Hal paling mudah dan praktis dalam cara mencuci jaket kulit kesayangan sebenarnya adalah pergi ke binatu yang menyediakan service membersihkan jaket kulit.

Tentunya harga binatu terbilang mahal dan mungkin akan menjadi alternatif terakhir. Berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan untuk merawat dan membersihkan jaket kulit.

1. Perhatikan Tag-nya

Cara Mencuci Jaket Kulit
editbydesign.com

Biasanya terdapat label di bagian dalam kerah atau jahitan samping jaket. Jika terdapat label yang bertuliskan washable maka jaket kulit kamu boleh dicuci atau dibersihkan.

Sedangkan bila terdapat label non-washable atau dry clean only, maka jangan sekali-sekali mencuci jaket kulitmu karena akan merusaknya. Lebih baik serahkan urusan membersihkan jaket kulit kesayangan pada ahlinya.

2. Cuci Sendiri

blog.leatherup.com

Apabila jaket kulit kalian terdapat label washabel dan harganya pun tidak terlalu mahal, boleh untuk dicuci sendiri dirumah.

Terdapat bahan-bahan serta cara pencucian yang perlu diperhatikan saat akan mencuci jaket kulitmu sendiri.

Pertama-tama kosongkan semua isi kantong jaketnya. Kibas-kibaskan dengan membolak-balik untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Bersihkan bagian dalam menggunakan rol serat, sikat baju lembut, atau vacuum cleaner.

Untuk pembersihan secara menyeluruh gunakan air bersih (boleh air mineral) yang hangat suam susu.

Kemudian campur dengan sabun yang mengandung minyak zaitun dan sodium hydroxide atau bisa juga dengan sabun khusus baju bayi. Celupkan jaket kulit kalian dalam campuran tersebut.

Saat mencuci jangan mengucek atau menggosoknya menggunakan sikat. Cukup dengan dilap sesuai serat kulit. Lalu bilas dengan air bersih tanpa diperas.

Sebelum dijemur lebih baik keringkan dahulu menggunakan handuk yang ditekan-tekan.

Kemudian baru jemur dan jangan dijemur dibawah terik matahari langsung. Cukup menjemur dengan cara mengangin-anginkannya hingga benar-benar kering.

Jika jaket kulit kalian terdapat noda bersihkan dengan larutan-larutan berikut ini:

• Aseton atau alkohol

Bila jaket kulitmu terkena tinta, seperti tinta spidol atau pulpen aseton atau alkohol bisa menjadi alternatif pembersihnya.

Cukup basahi kapas dengan aseton atau alkohol lalu totol-totolkan pada bagian yang terkena tinta hingga tinta hilang.bersihkan dengan kain lembab dan keringkan dengan handuk.

• Baking soda atau tepung maizena

Bila jaket kulit terdapat noda minyak atau sejenisnya cukup taburkan baking soda maupun tepung maizena pada bagian itu.

Kemudian gosok lembut sesuai arah serat menggunakan kain lembab. Diamkan beberapa jam atau semalaman kemudian bersihkan dengan kain lembut yang bersih.

• Sari lemon atau jeruk nipis dan krim tartar

Campuran lemon dan krim tartar cocok digunakan untuk membersihkan noda pada jaket kulit berwarna cerah atau terang. Pasta dari campuran krim tartar dan lemon memiliki sedikit efek bleaching (memutihkan).

3. Serahkan Kepada Ahlinya

Cara Mencuci Jaket Kulit
mrslaundry.com.sg

Apabila kalian memiliki jaket kulit dengan harga yang cukup mahal akan lebih baik bila membersihkannya lewat jasa ahli.

Daripada mencuci sendiri alih-alih irit justru bila jaket kulit kamu rusak kerugiannya akan lebih besar.

Nah, setelah selesai mencuci atau membersihkan jaket kulit kalian jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner khusus bahan kulit.

Gunanya agar tas kulit tidak mudah mengering dan pecah-pecah. Selain itu pemberian kondisioner juga membuat jaket kulit tahan terhadap noda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.