Cara Menghitamkan Jaket Kulit yang Pudar Sebagai Tindakan Preventif

Cara menghitamkan jaket kulit yang sudah memudar tentu tidaklah mudah.

Jika anda adalah pemula dalam produk kulit, maka lebih baik jaket tersebut dibawa ke ahlinya untuk dibersihkan. Karena jika anda salah langkah nanti kerusakannya berujung lebih fatal.


Cara Menghitamkan Jaket Kulit Yang Pudar


Sebelum warna jaket kulit anda terlanjur memudar maka rawatlah dengan baik. Berbeda dengan jaket dari bahan lainnya, jaket kulit harus dirawat secara rutin agar tidak mudah berjamur atau lebih parah mengelupas.

Tentu saja anda tidak ingin hal itu tersebut terjadi pada jaket kulit kesayangan anda.

Untuk itu berikut beberapa tindakan preventif yang dapat anda lakukan sebelum jaket kulit anda terlanjur rusak:

1. Cek Label Jaket

merdeka.com

Saat memilih-milih jaket kamu tentu melihat ada label yang terdapat di bagian belakang kerah. Biasanya pada label tersebut terdapat keterangan sekaligus petunjuk cara merawat jaket.

Beberapa perlakuan yang harus dihindari dan tidak boleh diberikan pada jaket. Misalnya petunjuk dry clean only yang berarti jika dicuci basah (menggunakan air), maka dapat merusak jaket tersebut.

Berbeda jenis bahan kulit berbeda pula cara perawatannya, tergantung pada jenis, tekstur, dan warna kulitnya.

Untuk itu sebelum jaket kulitmu warnanya memudar dan kusam, cermati dengan baik petunjuk penggunaan dan perawatan di bagian label, agar jaket kulit barumu awet lebih lama.

Dry Cleaning

cara menghitamkan jaket kulit yang pudar
ragamfashion.com

Untuk semua jenis bahan kulit alangkah baiknya dicuci kering (dry cleaning). Karena pada dasarnya air adalah musuh besar bagi bahan kulit.

Pori-pori yang terdapat pada permukaan kulit dapat menyerap cairan sehingga jika tertinggal dapat menyebabkan struktur kulit rapuh dan berjamur.

Meski terkadang terdapat beberapa petunjuk yang membolehkan jaket untuk dicuci dengan air, namun lebih baik dihindari.

Jaket akan lebih cepat kusam dan warna hitamnya akan pudar seiring dengan terlalu seringnya dicuci. Jika ada kotoran dan noda yang menempel cukup bersihkan menggunakan kain lembab.

Semir Berkala

cara menghitamkan jaket kulit yang pudar
biopolish.com

Sebuah tindakan preventif utama agar jaket kulit tidak cepat menghitam atau memudar adalah dengan melakukan penyemiran secara berkala.

Gunakan semir khusus jaket kulit, ada yang berbentuk liquid, krim, dan lotion. Untuk pemilihan jenis semir sesuaikan dengan jenis bahan kulit pada jaket anda.

Biasanya pada bagian petunjuk perawatan diberi keterangan jenis kulit yang dijadikan sebagai bahan dasar. Jika tidak ada petunjuk, maka anda bisa menanyakan kepada ahlinya.

Leather Conditioner

movementgarage.com

Jaket kulit yang sudah sering dipakai dan terpapar udara panas lambat laun akan memudar. Seiring berjalannya waktu tekstur permukaan kulit akan semakin tipis, rapuh, dan mudah retak.

Sebelum hal parah tersebut terjadi ada baiknya anda mengaplikasikan leather conditioner setiap kali selesai menggunakan jaket.

Tujuannya adalah agar tekstur jaket selalu lembab, lembut, lentur, sehingga tetap terlihat mengkilap.

Oleskan secara rutin pada permukaan kulit bagian luar. Agar jaket kulit anda selalu terlihat kinclong dan lebih awet, tahan dari jamur, dan tetap mulus seperti baru.

Serahkan Kepada Ahlinya

cara menghitamkan jaket kulit yang pudar
stylishcarry.com

Jika keempat tindakan preventif di atas tidak pernah anda ketahui sebelumnya dan jaket kulit kesayangan anda sudah terlanjur kusam dan memudar, maka solusi terakhirnya adalah membawanya ke pusat leather service.

Jika membersihkannya sendiri di rumah beresiko lebih besar, maka membawa jaket ke ahlinya yang pasti profesional adalah opsi terbaik.

Disana anda dapat mengkonsultasikan semua keluhan produk kulit yang dimiliki, tak hanya jaket. Tentu saja profesional kulit akan lebih tahu bagaimana cara menghitamkan jaket kulit yang pudar dan kusam.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.