Cara Menyimpan Jaket Kulit | Beberapa Hal Penting Ini Harus Diingat

Cara menyimpan jaket kulit memang susah-susah gampang dan ada triknya tersendiri. Harga jaket kulit asli yang terbilang mahal membuat siapapun yang memilikinya merawatnya dengan baik.

Tidak perlu keluaran dari brand ternama, harga jaket kulit asli di pasaran pun memang sudah mahal. Bahkan di tempat produksinya sekalipun.

Oleh karena itu jaket kulit harus dirawat dengan hati-hati agar kita tidak rugi.


Hal Penting yang Harus Diingat


Cara Menyimpan Jaket Kulit
biopolish.com

Jaket kulit tidak bisa diperlakukan sama dengan jaket kain pada umumnya. Baik dalam segi pemakaian maupun perawatannya.

Salah-salah jika asal dalam pemakaian maupun perawatan bisa merusak jaket kulit kesayangan kalian. Lalu bagaimana sih cara menyimpan jaket kulit yang aman agar tetap terjaga tampilannya.

Cara terbaik untuk memastikan jaket kulit kalian dalam kondisi yang selalu baik atau bagus adalah dengan memperlakukannya seperti barang berharga.

Langkah pertama yang harus kalian perhatikan ketika memiliki jaket kulit adalah membaca label dari pabriknya.

Biasanya akan ada instruksi mengenai perawatan khusus bagi jaket kulit dalam label jaket. Terkadang ada instruksi mengenai cara membersihkan dan perawatan.

Paling sering ditemukan di dalam label jaket kulit adalah instruksi mengenai boleh atau tidaknya jaket dicuci dan hindari panas.

Kedua hal tersebut memang hal yang paling perlu diperhatikan saat kalian memiliki jaket kulit. Jangan sampai kalian langsung mencuci dan menyetrikanya seperti pakaian biasa.


Cara Menyimpan Jaket Kulit


biopolish.com

Hal yang harus kalian ingat saat memiliki jaket kulit adalah pastikan jaket dalam kondisi kering.

Jangan memakainya disaat kondisi cuaca sedang hujan. Kalaupun sudah terlanjur terkena basah atau hujan segera keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Untuk penyimpanan di kloset atau lemari pastikan untuk menggantung jaket kulit kalian. Jangan pernah membiarkan jaket dalam kondisi terlipat apalagi dalam waktu cukup lama.

Jika dalam kondisi terlipat cukup lama itu akan menimbulkan kerutan yang nantinya bisa membuat kulit retak dan mengelupas. Hmm, pasti nggak mau kan jaket kalian begini.

Gantunglah di lemari dengan space yang cukup lebar, dalam artian tidak terlalu berdempet-dempetan. Dan jangan pernah menggantungnya di bawah sinar matahari secara langsung karena akan merusaknya.

Pastikan hanger yang kalian gunakan bukan hanger dari kawat, akan lebih baik lagi bila ada bantalan di bagian bahunya.

Jauhkan jaket dari panas. Hindari penyimpanan atau menggantungnya di dekat pemanas, kompor, dan sebagainya. Bisa-bisa jaket kulit kalian berubah menjadi kerupuk rambak.

Panas berlebih memang akan mengakibatkan bahan kulit menjadi rapuh dan mudah retak sehingga gampang mengelupas.

Hal penting lainnya bila jaket kusut jangan sekali-kali menyetrika atau men-steamnya secara langsung. Letakkan kain lembab diatas jaket kulit sebelum kalian menyetrikanya.

Gunakan kondisioner khusus untuk bahan kulit. Ini bertujuan untuk menjaga kelembaban jaket kulit dan membuatnya tetap awet lebih lama.

Biasanya bahan kulit mudah sekali kehilangan kelembabannya sehingga kering dan cepat mengelupas. Pemberian kondisioner dapat mencegah hal itu terjadi.


Penutup


beritafashionista.com

Ingatlah, untuk tidak sekali-sekali menempelkan stiker atau label pada jaket kulit karena bahan perekat bisa merusak bahan kulit terutama kulit suede.

Terlebih lagi bisa saja sisa lem perekat menempel dan meninggalkan bekas pada jaket kesayangan kalian.

Jika jaket kulit kalian kotor atau bernoda usahakan untuk mencucinya di tempat ahlinya. Kecuali bila kalian memang sudah berpengalaman dalam mencuci jaket kulit, barulah bisa mencobanya mencuci sendiri di rumah.

Apabila jaket tidak terlalu kotor cukup bersihkan secara teratur menggunakan sikat lembut atau mengelapnya dengan kain lembab dan dikering anginkan.

Hindari juga penyimpanan di dekat obat pembasmi serangga atau jangan sampai terkena semprotan pembasmi serangga.

Bahan kulit sangat mudah menyerap bahan insektisida sehingga baunya tidak akan hilang dari jaket kesayangan kalian.

Terakhir jangan pernah menyimpannya di dalam bungkusan plastik karena akan merusak kelembabannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.