Cara Merawat Jaket Kulit | 5 Langkah Ini Harus Diterapkan Secara Rutin

merdeka.com

Cara Merawat Jaket Kulit – Jaket kulit menjadi salah satu benda yang digemari oleh hampir pria di dunia, khususnya bagi mereka yang sering mengendarai motor.

Layaknya sebuah item fashion yang harus dimiliki, begitulah definisi jaket kulit bagi para pria.

Jaket kulit dapat digunakan dalam berbagai kondisi, acara kasual dan formal sekalipun. Selain itu mengenakan jaket kulit akan membuat perbedaan tersendiri pada penampilan seseorang.

Tips Merawat Jaket Kulit Kesayangan

Namun tahukah kamu jika tidak dirawat dengan baik jaket kulit warnanya dapat memudar secara perlahan. Khususnya bagi para pria yang kurang telaten dengan barang-barang pribadinya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat jaket kulit. Lakukanlah hal-hal rutin di bawah ini agar jaket kulitmu tetap awet dan warnanya tidak cepat memudar.

1. Perawatan Pertama – Spray

wikihow.com

Berikan perawatan pertama pada jaket kulit barumu dengan menyemprotkan larutan khusus untuk bahan kulit.

Hal ini sangat direkomendasikan sebagai tahap perlindungan awal terhadap jaket kulit. Terdapat berbagai jenis spray khusus bahan kulit di pasaran.

Jangan sampai salah pilih sehingga bukannya merawat malah justru semprotan tersebut dapat merusak jaket kamu. Bacalah komposisi larutan dan petunjuk pemakaian sebelum digunakan.

Namun jangan khawatir biasanya spray khusus yang sudah beredar di pasaran telah melalui tahan uji aman sehingga terjamin keamanannya.

2. Bersihkan Kotoran atau Debu

inews.id

Tentu saja kita tidak dapat menghindari debu, noda, dan kotoran yang menempel pada jaket saat dikenakan.

Polusi dan kotoran lainnya pasti menempel di bagian luar jaket. Jika dirasa kotoran yang menempel sudah terlalu banyak jangan sembarangan membersihkannya.

Bersihkan jaket kulit anda menggunakan lap atau handuk basah. Usapkan pada bagian yang kotor hingga nodanya hilang.

Jika terasa belum bersih, kamu boleh menuangkan sedikit detergen cair pada lap sehingga dapat menyapu kotoran yang membandel hingga keseluruhan.

Opsi lain untuk menghilangkan noda adalah dengan menggunakan cairan alkohol. Biasanya alkohol digunakan untuk membersihkan noda tinta, spidol, cat, dan lain sebagainya.

3. Keringkan Secara Alami

id.wikihow.com

Apabila telah selesai membersihkan jaket menggunakan lap basah, maka jangan sekali-kali mengeringkan jaket anda menggunakan alat, misalnya hair dryer. Begitu juga jika jaket tersebut terciprat cairan lainnya.

Lakukan pengeringan secara alami untuk menghindari kerusakan pada bahan kulit. Karena hawa panas yang berasal dari alat pengering mampu merusak struktur kulit dan membuat kulit rapuh.

Gantungkan jaket kulit kamu dengan baik di tempat yang mengandung banyak udara.

Sebisa mungkin hindari juga proses pengeringan di bawah terik matahari secara langsung, agar warna jaket kulit kamu tidak mudah kusam.

4. Jangan Mencuci dengan Air Hangat

Cara Merawat Jaket Kulit
id.wikihow.com

Sama halnya dengan prinsip pengeringan, hindarkan jaket kulit dari terpaan panas. Mengapa demikian? Karena sumber panas dapat merusak bahan kulit. Oleh sebab itu cucilah jaket kulit anda dengan air dingin.

Untuk menghindari kerusakan yang fatal, dimana air panas dapat masuk ke dalam bahan kulit melalui pori-pori dan menyebabkan jaket kulit kamu mengkerut dan menyusut.

5. Oleskan Cairan Conditioner

Cara Merawat Jaket Kulit
kulitnabati.com

Conditioner tidak hanya berlaku untuk rambut, namun juga ada conditioner khusus kulit. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melembutkan dan melindungi.

Cara ini berlaku khusus untuk jaket kulit yang sudah lama alias jadul alias stiff. Jaket kulit yang sudah cukup berusia biasanya rapuh, rentan retak hingga mengelupas.

Oleh karenanya pengaplikasian conditioner bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap lembut dan tekstur yang kompak seperti sedia kala.

Pengaplikasian conditioner ini dapat kamu lakukan secara berkala guna menjaga kelembutan permukaan kulit. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menempel terlebih dahulu sebelum mengoleskan conditioner.

Sekian cara merawat jaket kulit untuk rubrik kali ini. Jika ada pertanyaan, kritik, maupun saran silahkan dituliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.