Perawatan Produk Berbahan Kulit | 3 Cara Ampuh yang Wajib Dirutinkan!

cara perawatan produk berbahan kulit
kumparan.com

Perawatan produk berbahan kulit terbilang susah-susah gampang. Mudah merawatnya, namun jika sampai melakukan tindakan yang salah dan tidak hati-hati, maka dapat merusak sebuah produk.

Jangan sampai salah dalam merawat produk berbahan kulit. Karena biaya yang dikeluarkan untuk membelinya tidaklah sedikit, sehingga anda harus menjaganya dengan telaten.

Karena harga dan kualitasnya yang tinggi, mengenakan produk berbahan kulit dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Produk kulit memiliki kemewahan tersendiri sehingga dapat mengupgrade selera fashion penggunanya.

Cara Perawatan Produk Berbahan Kulit yang Baik dan Benar

Berbagai deretan produk kulit yang memiliki banyak peminat diantaranya dompet, sepatu, tas, dan jaket.

Perawatan berbagai produk tersebut kulit tidaklah sulit, secara umum cukup dibersihkan menggunakan kain yang lembut jika terkena noda atau kotoran.

Kini bahkan tersedia lotion pembersih produk kulit yang bisa anda dapatkan di toko-toko terdekat. Berikut beberapa tips cara merawat produk berbahan kulit yang bisa anda praktekkan di rumah:

1. Jika Terkena Air

taskulitgarut.net

Air merupakan musuh besar bagi produk berbahan kulit. Pasalnya pori-pori yang terdapat pada permukaan kulit mampu menyerap air yang selanjutnya menyebabkan kerusakan bertingkat. Mulai dari bau apek, berjamur, hingga mengelupas.

Solusi pertama adalah cukup mengusap produk anda menggunakan handuk atau lap kering sesaat setelah produk terkena air.

Saat ini juga telah tersedia semprotan anti air di pasaran. Pastikan semprotan yang anda beli sesuai dengan jenis bahan kulit yang dimiliki.

2. Jika Terkena Kotoran

grid.id

Kotoran bisa berupa noda, debu, cairan (seperti keringat), dan lain sebagainya.

Jika produk kulit anda terkena kotoran, jangan sekali-kali membersihkannya menggunakan air. Karena air merupakan musuh besar produk berbahan kulit asli.

Tentu saja kita tidak dapat menghindari debu, noda, dan kotoran yang menempel pada produk saat digunakan. Polusi dan kotoran lainnya pasti menempel di bagian terluar lapisan kulit.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bersihkan produk menggunakan lotion khusus secara berkala.

Jangan menggunakan lap basah karena kandungan air pada lap mampu masuk ke dalam pori-pori kulit dan akan menghilangkan kelembapan bahan kulit.

Cara membersihkannya jangan diusap melainkan menepuk-nepukkan spons atau lap pada permukaan sepatu. Jika diusap dikhawatirkan dapat merusak bahan

Opsi lain untuk menghilangkan noda adalah dengan menggunakan cairan alkohol. Biasanya alkohol digunakan untuk membersihkan noda tinta, spidol, cat, dan lain sebagainya.

3. Jika Warna Memudar

cara perawatan produk berbahan kulit
futureloka.com

Memudarnya warna bahan kulit disebabkan karena paparan panas atau cahaya matahari secara langsung. Solusinya anda harus rajin mengaplikasikan conditioner secara berkala pada produk berbahan kulit.

Conditioner tidak hanya berlaku untuk rambut, namun juga ada conditioner khusus kulit. Keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melembutkan dan melindungi.

Produk kulit yang sudah sering digunakan biasanya rapuh, rentan retak hingga mengelupas.

Oleh karenanya pengaplikasian conditioner bertujuan untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap lembut dan tekstur yang kompak seperti sedia kala.

Sebelum mengoleskan conditioner pada produk berbahan kulit yang anda miliki, jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menempel terlebih dahulu.

Untuk produk sepatu, cara lain untuk menjaga agar warnanya tetap kinclong adalah dengan rutin disemir. Tujuannya adalah agar bagian permukaan kulit sepatu selalu terlihat berkilau.

Selain itu semir sepatu dipercaya juga dapat meningkatkan daya tahan sepatu sehingga menjadi lebih awet.

Pilih semir yang terpercaya agar tidak merusak warna kulit, kalau bisa sesuaikan dengan warna dan jenis kulit sepatu. Agar hasil semiran terlihat lebih alami, saat menyemir lakukan satu arah.

Selain ketiga tips di atas, sebelum disimpan di dalam almari anda dapat mengoleskan gel leather care pada produk anda agar tetap terjaga kualitasnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.