Jenis Bahan Tas | Beda Sumber Bahan Baku Beda Pula Ciri-Cirinya

Jenis bahan tas dan ciri-cirinya perlu banget kalian tahu agar tidak dibilang kudet soal fashion. Tas termasuk salah satu aksesoris fashion yang paling sering diminati para fashionista selain pakaian dan alas kaki.

Berbagai bahan baik alami maupun sintetis hingga daur ulang banyak digunakan dalam membuat tas.

Bahan-bahan untuk membuat tas juga merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah sebuah tas itu bernilai atau tidak.

Biasanya semakin jarang dan sulit bahan dasar yang dipakai untuk tas, maka akan semakin mahal harga tas tersebut. Ditambah lagi cara pengerjaannya yang rumit tentu akan membuat harga tas semakin mahal.


Jenis Bahan Untuk Membuat Tas


Belakangan ini banyak tas-tas berharga fantastis dari brand ternama yang dibuat copy-nya. Tentu bahan yang digunakan tidak sama dengan yang aslinya.

Agar kita tidak tertipu dan rugi karena telah mengeluarkan banyak uang akan lebih baik bila kita mengenali jenis bahan tas dan ciri-cirinya.

Kulit Alami

jenis bahan tas dan ciri-cirinya
prelo.co.id

Kulit merupakan salah satu jenis bahan tas yang populer di kalangan produsen tas berkelas.

Tampilan, kekuatan, daya tahan, serta kemelimpahaan sumber dayanya menjadikan kulit diminati banyak fashoinista. Ada lebih dari 24 jenis kulit hewan yang biasa digunakan dalam industri pembuatan tas.

Keuntungan tas kulit daripada tas lainnya adalah tampilannya yang elegan dan semakin lama akan semakin bernilai.

Kekurangannya adalah biasanya tas kulit asli dari brand-brand ternama cukup berat untuk dibawa. Selain itu perawatan tas kulit terbilang cukup sulit.

Katun Kanvas

shopee.co.id

Katun kanvas merupakan bahan katun tenun kasar yang cukup murah, tapi cukup berat. Jenis ini sangat cocok digunakan sebagai bahan dasar tas kasual hingga santai.

Harga dari tas kanvas memang terbilang murah, mudah dibersihkan, dan tahan cuaca. Untuk warna-warna terang, tas dengan bahan dasar kanvas akan lebih cepat kotor, selain itu mereka gampang rusak.

Nilon

tokopedia.com

Nilon memiliki serat yang hampir sama dengan kanvas, tapi jenis mereka berbeda. Bisa dibilang nilon lebih tahan terhadap cuaca terutama air, tapi bukan berarti tahan air.

Selain untuk tas, bahan nilon juga digunakan untuk tali jam tangan. Teksturnya lebih halus dari kanvas, lebih ringan, dan lebih mengkilap. Orang juga sering menyebutnya kanvas parasut.

Cordura

jenis bahan tas dan ciri-cirinya
fitinline.com

Cordura merupakan bahan tas yang awet dan kuat. Sebenarnya jenis ini merupakan bahan nilon kasar yang diolah menjadi anti air dengan tenunan padat.

Tas berbahan cordura bahkan tahan dalam cuaca ekstrim. Namun, biaya tas berbahan cordura lebih mahal dibandingkan dengan nilon dan kanvas.

Denim (Jeans)

rakaffa.com

Denim pada mulanya hanya digunakan sebagai bahan dasar baju atau celana pekerja kasar di negara-negara barat.

Saat ini bahan denim tak hanya populer untuk bahan pakaian saja, tapi juga bahan tas. Jenis bahan denim mudah dalam perawatannya dan bisa dicuci bila kotor.

Anyaman Bahan Alami

jenis bahan tas dan ciri-cirinya
wolipop.detik.com

Anyaman dari bahan alami juga merupakan salah satu bahan dasar pembuat tas.

Tas-tas etnik yang beredar sekarang ini kebanyakan dibuat dari anyaman jerami, pandan, hingga eceng gondok. Kesan etnik pada bahan anyaman membuat tas jenis ini sering diminati.

Karet Sintetis

jenis bahan tas dan ciri-cirinya
bukalapak.com

Karet sintetis belakangan ini sedang hits digunakan sebagai bahan tas. Mereka terbuat dari polymer sintetik yang menyerupai karet.

Jaring-Jaring

tokopedia.com

Jaring-jaring pada jenis tas clutch yang sering kita jumpai biasanya serat mereka terbuat dari nilon atau polyester. Keunggulan bahan jaring-jaring adalah bahannya yang ringan, tipis, tapi kuat.

Kulit Sintetis

jenis bahan tas dan ciri-cirinya
harga.web.id

Sering juga disebut dengan kulit vegan karena tidak terbuat dari kulit hewan asli.

Ya, bahan kulit sintetis umumnya terbuat plastik (poly urethane). Meskipun harga terbilang murah dan warna lebih beragam, tapi tas kulit imitasi lebih mudah rusak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.