5 Jenis Kulit Sapi Didasarkan Pada Proses Pengolahannya

Jenis Kulit Sapi – Berbicara tentang produk kulit, kulit sapi merupakan sumber utama yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku jika dibandingkan dengan sumber kulit yang berasal dari hewan lainnya.

Berbagai jenis produk seperti tas, dompet, dan sepatu yang dijajarkan di pasaran berasal dari kulit sapi. Hal ini karena memang ketersediaan sapi sebagai sumber daya memang melebihi hewan lainnya.

Sapi merupakan hewan ternak yang hampir di seluruh belahan dunia tersedia. Di setiap negara pasti memiliki setidaknya satu atau dua pusat peternakan sapi terbesarnya.

Sehingga tidak mengherankan jika hingga saat ini kulit sapi masih menjadi primadona sebagai sumber bahan baku utama.

Jenis Kulit Sapi dan Karakteristiknya

Selain karena ketersediaannya yang cukup banyak, kulit sapi juga terkenal lebih awet dan paling tahan lama. Teksturnya yang elegan dan mewah tentu akan mendukung style dan fashion keseharian anda.

Namun, awet tidaknya produk kulit tersebut juga bergantung pada teknik perawatan yang anda berikan.

Setiap proses pengolahan dapat menghasilkan jenis kulit sapi yang berbeda. Baik dari segi karakteristik kenampakannya maupun dari segi daya tahannya.

1. Kulit Sapi Pull Up

Jenis Kulit Sapi
sepatukulitasli.co.id

Salah satu jenis kulit yang paling banyak digunakan untuk produksi kerajinan.

Beraneka ragam produk dapat anda jumpai di pasaran seperti sepatu, dompet, tas dan lain sebagainya. Ciri khas dari produk yang terbuat dari kulit pull up adalah warna-warni.

Produk bahan kulit yang dihiasi beraneka ragam sudah dapat dipastikan terbuat dari kulit pull up. Kulit ini bersifat lentur, mudah ditarik, diregangkan, dan dimelarkan.

Selain beraneka warna, kulit pull up juga memiliki aura vintage dan klasik seiring menuanya waktu.

Pull up adalah jenis kulit sapi yang pada proses pengolahannya menggunakan penambahan bahan kimia untuk menghasilkan karakter kulit yang ringan dan pudar saat diberi tekanan.

Proses finishingnya menggunakan minyak sehingga terlihat permukaan kulit yang lebih glossy.

2. Kulit Sapi Suede

Jenis Kulit Sapi
sepatupria99.com

Merupakan jenis kulit sapi termahal yang sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kerajinan tas, sepatu, dan dompet kulit.

Kulit yang terbuat dari bagian dalam ini memiliki tekstur hampir berbulu, tipis, dan lembut.

Secara umum proses pengolahannya terdiri dari penyamakan, pengamplasan, penyikatan hingga dihasilkan permukaan berbulu yang halus.

Pada tahap pengolahannya juga terdapat proses perlakuan split pada bagian dalam atau tengah kulit. Selanjutnya dapat dilakukan proses pewarnaan sesuai dengan selera yang diinginkan.

3. Kulit Sapi Nubuck

Jenis Kulit Sapi
picclick.com

Berasal dari kata new and buck, nubuck merupakan jenis kulit yang terbuat dari kulit sapi bagian luar.

Proses pengolahannya hampir sama dengan kulit suede, hanya saja kulit suede terbuat dari kulit sapi bagian dalam. Kulit nubuck termasuk ke dalam kualitas premium dan mahal.

Terdapat tahap pengolesan atau pengamplasan di akhir pengolahannya, yang bertujuan untuk menghilangkan kulit bagian atas sehingga terbentuk tekstur halus dan rata.

Keistimewaan kulit nubuck terletak pada proses pengamplasannya. Karena membutuhkan keterampilan yang tinggi untuk menghasilkan kualitas nubuck yang premium.

Bagus tidaknya proses tersebut akan berpengaruh pada warna yang dihasilkan pada permukaan kulit.

4. Kulit Full Grain (Finish Leather)

Jenis Kulit Sapi
etsy.com

Merupakan jenis kulit sapi yang proses pembuatannya utuh, sehingga disebut full. Artinya pada proses pembuatannya tidak dilakukan pengubahan struktur permukaan asli kulit.

Pori-pori dan tekstur permukaan kulit masih natural dan asli. Dengan kata lain setelah proses penyamakan, kulit grain hanya melalui prosrs finishing ringan.

Hanya dilakukan penambahan anilin dalam jumlah sedikit untuk mempercantik hasil penyamakan. Jenis kulit yang melewati tahap finishing hingga dimodifikasi disebut dengan corrected grain.

5. Kulit Krom

Jenis Kulit Sapi
kickstarter.com

Krom merupakan jenis kulit sapi dengan proses pembuatan paling rumit, sehingga dibandrol dengan harga termahal.

Karakteristik utama kulit krom yaitu permukaan yang mengkilap dan halus. Hal ini merupakan hasil dari proses pemberian minyak pada tahap finishing.

Selain itu kulit ini juga dilindungi oleh lapisan akrilik (atau lainnya) sehingga sangat mudah dibersihkan jika tertepa debu dan percikan cairan.

Meskipun lebih tebal dibandingkan jenis kulit lainnya, namun kulit krom memiliki tekstur yang sangat lentur.

Biasaya kulit krom ini paling sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat sepatu formal, seperti sepatu pantofel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.