Jenis Sepatu Boots | Sejarah dan Filosofi Masing-Masing Desainnya

Jenis Sepatu Boots
iprice.co.id

Pertama kali dibuat oleh bangsa Mongol pada tahun 1200, jenis sepatu boots awal mulanya berfungsi untuk melindungi kaki saat musim dingin tiba.

Efek hangat didapatkan dari sepatu yang mirip boots ini, karena bahannya terbuat dari kulit hewan.

Pada zaman kejayaan Napoleon Bonaparte sepatu boots merupakan alas kaki para serdadu yang bertugas melindungi kerajaan dalam kondisi perang.

Sedangkan di Eropa pada masa Revolusi Industri boots digunakan untuk melindungi kaki para pekerja.

Jenis Sepatu Boots Populer

Seiring perkembangan zaman di Amerika boots dipopulerkan oleh para cowboy dengan modifikasi bentuk ujung yang meruncing.

Kini sepatu boots telah merambah dunia fashion, menjadi salah satu desain trendi dengan modifikasi yang sangat signifikan dari bentuk awalnya.

Banyak sekali model sepatu boots dengan beragam desain akan kamu jumpai di toko-toko sepatu. Beda desain beda fusnginya.

1. Hiker Boots

coach.com

Sesuai dengan namanya sepatu boots pertama ini didesain khusus untuk mendaki alias hiking. Para pecinta gunung tentu memiliki beragam koleksi hiker boots ini dong di rumah.

Hiker botts memiliki desain dengan ruangan yang luas. Hal ini bertujuan agar penggunanya dapat memakai kaus kaki yang cukup tebal saat mendaki.

Disamping itu sepatu ini juga dilengkapi oleh sol yang tebal dan kuat, sehingga tahan saat digunakan untuk menanjaki jalan yang terjal sekalipun.

Jangan sampai salah loh ya, hiker boots bukanlah sepatu untuk ngemall atau jalan santai.

2. Ugg Boots

office.co.uk

Jenis sepatu boots kedua ini didesain khusus untuk wanita. Bagian luarnya terbuat dari lapisan kulit domba asal New Zealand, Australia.

Ugg boots adalah sepatu yang cocok digunakan saat musim dingin tiba (winter). Dapat melindungi kaki dari suhu yang mencekam terutama saat turunnya salju.

Selain berfungsi untuk menghangatkan, ugg boots juga dapat menyempurnakan fashion winter season kamu, karena bentuknya yang unik tidak seperti sepatu boots formal pada umumnya.

3. Military Boots

Jenis Sepatu Boots
wish.com

Sepatu yang awalnya didesain untuk keperluan militer ini kini bertambah fungsi sebagai pelengkap fashion laki-laki. Salah satunya adalah cocok digunakan saat kamu mengendarai motor gede kesayanganmu.

Military boots akan melindungi kaki dari lingkungan yang tidak bersahabat. Desainnya berbentuk tinggi hingga ke pergelangan kaki dengan bahan dasar kulit.

Agar semakin gaya, kamu bisa memadu padankan sepatu boots ini dengan jaket kulit atau jaket jeans favoritmu.

Penambahan aksesori kacamata hitam saat mengendarai motor juga akan menambah ketampanan kamu loh.

4. Peep Toe Boots

dillards.com

Bagi kamu yang feminim namun ingin terlihat cute saat memakai sepatu boots, peep toe boots adalah pilihan sepatu yang tepat. Sisi feminim mu akan tetap muncul meskipun mengenakan jaket kulit sekalipun.

Sepatu boots ini memiliki desain bagian ujung yang terbuka. Didesain untuk memperlihatkan ujung jari kakimu yang lentik. Keberadaan heelsnya pun akan menambah kesan feminim dan elegan pada kakimu.

Jangan mengenakan sepatu boots ini saat winter loh ya, tentu saja tidak akan cocok karena ujungnya yang terbuka.

5. Engineer Boots

Jenis Sepatu Boots
blackdays.co

Bagi yang merasa kuliah di jurusan teknil sipil, elektro, ataupun teknik mesin kamu pasti sudah tidak asing dengan model sepatu boots yang satu ini.

Sepatu yang pertama kali muncul pada tahun 30-an ini memiliki bentuk leher yang tinggi tanpa tali. Seiring perkembangan zaman, engineer boots kini beralih fungsi menjadi motorcycle boots.

Kini sepatu ini justru lebih banyak dipakai oleh anggota geng motor. Kebanyakan para engineer sudah lama meninggalkan style sepatu tahun 30-an ini.

Masih banyak berbagai jenis sepatu boots lainnya dengan desain unik dan filosofi fungsinya masing-maisng. Lain waktu kita bahas lebih banyak lagi ya!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.