Kulit Asli dan Sintetis | Sekilas Tentang Kelebihan dan Kekurangannya

Kelebihan dan Kekurangan Kulit Asli dan Sintetis
marketplays.id

Kulit Asli dan Sintetis – Rasa percaya diri seseorang dapat meningkat dengan mengenakan atau menyandang produk dari bahan kulit.

Produk kulit memiliki kemewahan tersendiri sehingga dapat mengupgrade selera fashion penggunanya.

Di pasaran produk kulit terbagi menjadi dua, yaitu kulit asli dan kulit sintetis. Keduanya terlihat mirip dan hampir tidak bisa dibedakan.

Sehingga konsumen yang kurang jeli terkadang tidak mampu mengetahui letak perbedaan kulit asli dan sintetis.

Kelebihan-Kekurangan Kulit Asli dan Sintetis

Produk kulit sintetis kadang juga disebut dengan istilah semi kulit. Baik kulit asli dan kulit sintetis masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Entah dari segi kenampakan, daya tahan, maupun harga.

Berikut kami sajikan keunggulan dan kekurangan dari masing-masing produk kulit asli dan sintetis:

Kelebihan Kulit Asli

Kelebihan dan Kekurangan Kulit Asli dan Sintetis
marketplays.id

Keunggulan utama dari kulit asli terletak pada segi daya tahan dan aroma khasnya. Kulit asli tentunya memiliki daya tahan yang berbeda dibandingkan dompet kulit sintetis.

Ketebalan dan struktur alami kulit asli tidak mudah rusak. Jika dirawat dan digunakan secara baik, produk dari bahan kulit asli tidak akan usang hingga bertahun-tahun.

Perawatannya pun cukupo mudah, dengan membersihkan bahan kulit secara teratur menggunakan lap atau handuk bersih dan sedikit lembab.

Dari segi aroma, masing-masing sumber kulit memiliki karakter yang berbeda. Hal ini dikarenakan setiap hewan pasti memiliki jenis kulit yang berbeda pula.

Selain itu proses pengolahan kulit akan menambah aroma khas yang berbeda pada masing-masing jenis kulit.

Kulit asli cenderung mengeluarkan aroma unik, bukan bau bahan-bahan kimia. Aroma khas ini tidak akan mampu ditiru oleh kulit sintetis premium sekalipun.

Dari segi kenampakan kulit asli akan menghasilkan warna yang tegas dan klasik seiring waktu. Tekstur nya pun semakin lembut dan terkadang menghasilkan corak yang indah.

Corak indah dan alami semakin menambah kesan elegan bagi siapapun yang memiliki produk kulit asli di genggamannya.

Kelebihan Kulit Sintetis

Kelebihan dan Kekurangan Kulit Asli dan Sintetis
sumbercenel.com

Kulit sintetis unggul dalam hal harga, dimana dapat dijangkau oleh semua kalangan ekonomi.

Jika dibandingkan dengan kulit asli yang harganya mahal, sehingga hanya dapat dijangkau oleh masyarakat kalangan ekonomi menengah ke atas.

Ada sebagian orang tidak menyukai kulit asli karena dianggap menyakiti hewan. Sementara kulit sintetis dibuat dari bahan-bahan kimia tertentu tanpa melalui proses penyamakan yang cukup lama.

Keunggulan lainnya kulit sintetis dapat dicetak secara seragam, berbagai warna, dan tidak mudah pudar.

Berbeda dengan kulit asli yang tidak dapat dicetak seragam karena memang mengikuti corak aslinya, dan rentan terhadap cahaya matahari secara langsung.

Kekurangan Kulit Asli

ohayo.co.id

Harga yang lebih mahal menjadi kendala di pasaran karena tidak semua konsumen dapat menjangkaunya.

Tingkat pengolahan yang cukup sulit dan rumit membuat produk kulit asli harus dibandrol dengan harga yang tinggi.

Selain itu produk kulit asli juga dianjurkan untuk tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Karena warna kulit asli lebih mudah pudar jika terlalu sering terpapar cahaya matahari.

Layaknya kulit manusia pada umumnya, kulit kita akan semakin kusam jika terlalu lama di bawah terik panas.

Terdapatnya pori-pori pada permukaan kulit, membuatnya bersifat menyerap air jika terkena cairan. Sehingga dianjurkan untuk menjauhkan kulit asli dari percikan cairan di sekitar, terutama keringat.

Kekurangan Kulit Sintetis

vordavo.com

Masa pakai kulit sintetis hanya sepertiga dari umur kulit asli. Seiring waktu kulit sintetis akan retak, pecah-pecah, kemudian mengelupas.

Selain itu permukaannya lama kelamaan akan memudar dan tidak mengkilat seperti semula.

Hal ini karena tekstur kulit sintetis yang tipis dan tidak mengandung serat alami seperti yang terdapat pada kulit asli.

Selain itu dari segi aroma, kulit sintetis cenderung memiliki bau seperti aroma karet, artinya tidak memiliki aroma khas seperti kulit asli.

“Ada harga ada kualitas”. Pilihan terletak di tangan anda, ingin produk yang berkualitas namun mahal atau produk murah namun kualitas standar.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.