Jenis Jenis Kulit Ular


Hewan Reptil Ular, bagi kebanyakan masyarakat merupakan hewan yang cenderung menakutkan dan yang tidak terbiasa memegang menjadi geli karena tekstur ular yang licin.

Namun di tangan orang kreatif, Ular bisa di olah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

Kulit ular dewasa ini mejadi tren di kalangan masyarakat, seperti Tas Kulit Ular, Dompet Hermes Kulit ular, Jaket Kulit Ular dan lain-lain.

Ular yang mempunyai corak beragam dan indah membuat banyak pengrajin atau UKM yang memanfaatkanya untuk bahan dasar, tas, dompet, kulit hingga jaket, Karena selain bercorak indah kulit ular lebih mudah di olah dan di bentuk sesuai keinginan karena kulit ular cenderung lebih tipis bila di bandingkan kulit sapi atau kulit domba.

Permintaan akan produk kulit ular yang semakin tinggi, membuat banyak Sentra UKM yang mendirikan usaha penyamaan kulit ular ini, meskipun izin untuk penyamaannya relatif sulit, Kulit ular ini banyak di pasok dari daerah Banyuwangi, Madura, kalimantan dan beberapa daerah lainya.

Kulit ular yang merupakan bahan dasar ini, terdiri dari ular air, ular sawah, ular cobra. dan yang paling tinggi permintaanya adalah Kulit ular Python karena selain coraknya yang bagus, ular python cenderung mempunyai badan yang besar sehingga menghasilkan kulit yang lebar.

Walaupun bisnis kulit ular ini sangat ramai, namun di takutkan habitat ular menjadi musnah tetapi dengan perizinan CITES dari pemerintah bisa menekan dan mengatur peredaran dan penangkaran kulit ular.


Jenis Kulit Ular


Produk fashion yang terbuat dari kulit ular seperti tas kulit ular, dompet kulit ular, clutch kulit ular dan lain-lain.

Ada banyak macam jenis kulit ular yang di pakai untuk membuatnya, tapi tidak semua jenis kulit ular bisa di pakai sebagai bahan dasar pembuatan produk fashion kulit ular.

1. Kulit Ular Pyton

Beberapa kulit ular yang sering di pakai adalah Kulit ular python dengan bentuk yang besar dan mempunyai motif yang bagus, jenis kulit ular python bisa di katakan mendominasi sebagai material pembuatan fashion produk kulit ular.

2. Kulit Ular Air

Yang kedua adalah kulit ular air dengan motif yang yang relatif lumayan bagus, biasanya jenis kulit ular ini paling banyak di pakai untuk pembuatan clutch, sandal serta dompet.

3. Kulit Ular Cobra

Yang ketiga adalah kulit ular cobra dengan corak khusus yang melekat padanya walaupun jenis kulit ular ini agak susah di dapat dan cenderung kecil sehingga biasanya hanya di pakai untuk pembuatan dompet saja.

Jenis penyamakan kulit ular ini ada beberapa macam, baik itu dengan cara sederhana maupun ada yang sudah modern akan tetapi tujuannya sama yakni memperoleh bagian kulit ular terluar sehingga dia mempunyai sifat lemas sehingga bisa dengan mudah di pakai untuk pembuatan fashion kulit ular.


Tips Merawat Tas Kulit Ular


Tas kulit asli dengan bahan dasar kulit memang terlihat elegan dan mengesankan, seperti Tas Kulit Ular yang banyak di jual baik dari Merek merek terkenal maupun produk produk ukm yang di pasarkan via media onlineshop.

Tas Kulit Ular dengan bahan dasar kulit ular python haruslah memiliki sertifikasi Cites,yakni sebuah sertifikasi untuk penjual dengan bahan dasar kulit asli.

Dengan mempunyai sertifikasi cites, produsen dari kulit telah mendapatkan izin resmi dari pemerintah untuk pemrosesan tas atau dompet kulit asli seperti Tas kulit ular atau dompet kulit ular.

Tas kulit ular atau tas kulit asli memang harus memiliki perawatan khusus sehingga lebih tahan alam dan kelihatan bagus. ada beberapa tips untuk merawat tas atau dompet kulit asli.

  1. Simpan tas dalam kantung berbahan kain yang lembut, lalu digantung.
  2. Ketika disimpan usahakan kondisi tas tidak di lipat atau di gulung agar tidak terjadi lipatan lipatan
  3. Jangan mencampur tas kulit ular atau tas kulit asli dengan tas yang lain.
  4. Usahakan tas kulit ular tidak terkena minyak atau air secara langsung, guna menghindari perubahan warna dan tekstur, apabila terlanjur terkena, pakailah tisu guna menyerap air atau minyaknya, setelah kering baru di lap.
  5. Bersihkan tas kulit ular dengan sikat yang lembut guna membersihkan dari debu debu yang menempel, setelah di rasa bersih baru di lap dengan kain yang lembut.

Keyword: Kulit Ular

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.