Manfaat Kulit dan Bulu Domba | Kegunaannya di Berbagai Bidang

Manfaat kulit dan bulu domba sangat banyak. Hewan imut yang satu ini selain bisa dinikmati daging dan susunya, baerbagai Bidanggian kulit dan bulunya juga bisa kita manfaatkan lho.

Tidak hanya sebatas dimanfaatkan untuk diolah menjadi bahan baku, tapi kulit dan bulu domba juga memberikan khasiat bagi kesehatan tubuh.

Diyakini kulit dan bulu domba secara alami memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah mengatur suhu tubuh untuk meningkatkan sirkulasi darah. 222

Bahan kulit dan bulu domba tahan terhadap bakteri sehingga kita tidak gampang sakit. Menopang titik-titik tekanan pada anggota badan yang sakit.


5 Manfaat Utama Kulit dan Bulu Domba


Manfaat Kulit dan Bulu Domba
gaya.tempo.co

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kulit domba dapat membantu meningkatkan kondisi tidur agar lebih nyenyak.

Jika kita lupa untuk mengawasi kesehatan kita dengan berolahraga maupun diet, menggunakan kulit dan bulu domba bisa sedikit membantu mengatasi permasalahan kesehatan kita.

Berikut penjelasan mengenai beberapa manfaat kesehatan dari kulit dan bulu domba.

1. Meredakan sakit dan nyeri pada tubuh

Pada kulit dan bulu domba terdapat serat alami yang membentuk bantalan untuk tubuh. Para ilmuwan percaya bahwa disetiap serat wol mengandung kerutan spiral tiga dimensi yang bertindak seperti pegas mini.

Dengan menyerap tekanan tanpa meratakan atau mendistribusikan berat ke seluruh tubuh, ini akan membantu meringankan rasa sakit dan nyeri.

2. Mengatur suhu tubuh

Pakaian dari wol dapat mengatur suhu tubuh. Sehingga ketika memakainya pada suhu panas tidak akan akan terlalu panas dan ketika dingin kita tidak akan merasa kedinginan.

Hal ini yang menjaga kita pada suhu tubuh yang tepat. Orang dewasa sangat baik bila memakai pakaian dari kulit dan bulu domba karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Hal yang sama juga berlaku bagi bayi yang lahir prematur.

3. Mencegah iritasi kulit

Lapisan terluar pada wol sangatlah halus sehingga dapat mengurangi gesekan pada kulit yang membuat kita tidak nyaman.

Bahkan bantal atau karpet dari kulit dan bulu domba akan membatu kita memiliki tidur yang nyenyak.

Nah, bagi orang sakit yang membutuhkan waktu berbaring cukup lama alas kulit dan bulu domba sangatlah cocok karena bisa membuat nyaman.

4. Mencegah kotoran dan bakteri

Secara alami kulit dan bulu domba tahan terhadap pertumbuhan jamur, tungau, debu, dan kutu busuk. Karena hal inilah juga memungkinkan kulit dan bulu domba untuk mencegah perkembangan bakteri.

5. Bersifat antialergen dan menenangkan kulit

Tidak seperti kulit dan bulu domba imitasi yang terbuat dari serat berbasis karbon dari petrokimia, kulit domba alami justru mengandung bahan kimia yang meminimalisir iritasi.

Selain itu zat lanolin pada kulit domba juga dapat membantu meredakan atau mengurangi rasa gatal pada kulit bahkan kulit dengan kondisi eksim sekalipun.


Kegunaan Lain dari Kulit dan Bulu Domba


kampoengkulit.com
  1. Dapat menyerap keringat lebih cepat dari pada bahan sintetis.
  2. Membuat tubuh lebih rileks dan dapat meregenerasi tubuh karena mengandung zat lanolin yang juga terdapat pada tubuh manusia.
  3. Kandungan lanolin pada kulit domba juga membuat mereka bisa menghilangkan bakteri yang menempel ketika digantung diudara segar.
  4. Membantu menyembuhkan ruam kulit yang sensitif bahkan meradang.
  5. Berbeda dengan kulit sintetis yang merupakan isolator listrik, kulit domba tidak akan mengeluarkan muatan listrik. Sehingga aman dipakai sebagai sarung jok atau kursi yang mungkin bermuatan listrik, seperti kursi pijat.

Nah itu dia beberapa manfaat yang ada pada kulit dan bulu domba. Ternyata banyak sekali bukan manfaat kesehatan yang didapat. Tidak akan rugu bila membeli barang dari kulit dan bulu domba yang asli.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.