Menjahit Kulit Sintetis | Berikut Panduan Kursus Singkat Bagi Pemula

Menjahit kulit sintetis ada triknya tersendiri, tentunya agar kulit sintetis terlihat dengan kulit yang asli.

Kulit sintetis atau kulit palsu tersedia dalam berbagai bentuk dan berat. Ada kulit sintetis yang memiliki permukaan seperti suede dan ada pula yang permukaannya licin seperti bahan kulit pada umumnya.


Persiapan Menjahit


Menjahit Kulit Sintetis
medium.com

Orang sering tertarik pada kulit sintetis karena harganya yang jauh lebih murah dibanding kulit asli. Selain itu kulit sintetis juga lebih mudah dijahit daripada kulit yang asli.

Nah, berikut ini tips menjahit kulit sintetis serta bahan-bahan yang perlu disiapkan sebelum kamu mencobanya sendiri di rumah.

Alat dan Bahan:

  • Bahan kulit sintetis
  • Kaki jarum mesin jahit
  • Jarum khusus kulit, alternatif lain jarum Schmetz Universal ukuran 90/14 atau 100/16.
  • Selotip
  • Klip pengikat
  • Pemberat untuk menahan pola kain.
  • Cutter atau silet
  • Benang, gunakan benang yang lebih tebal dari yang biasa dipakai untuk kain.

Langkah-Langkah Menjahit Kulit Sintetis


prelo.co.id

1. Membuat Pola

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai menjahit tentu saja membuat pola. Setelah membuat pola cobalah menjahit potongan-potongan kecil kulit sintetis agar mendapatkan hasil yang bagus.

2. Sesuaikan Jenis Bahan

Sesuaikan bahan kulit sintetis dengan jenis pakaian atau aksesoris yang ingin dibuat.

Misalnya saja, jaket untuk pengendara atau bikers harus memakai kain yang lebih tebal dibanding jaket kasual. Periksa juga bahan yang akan dijahit apakah terdapat cacat atau tidak.

3. Jangan Gunakan Jarum Pentul

cukup gunakan klip kain untuk menahan kain agar tidak merusak kulit sintetis. Penggunaan jarum akan melubangi kain dan akan meninggalkan bekas selamanya.

4. Jangan Gunakan Setrika Panas

Untuk memperkuat tekstur kain cukup ditekan-tekan dengan setrika yang tidak menyala.

Kalian juga bisa menggunakan double tape khusus kulit untuk memposisikan lipatan dengan benar. Karena terkadang penjepit saja tidak cukup. Ini digunakan untuk mengelim bagian tepi.

5. Alat Press

Gunakan alat press alternatif seperti rol dinding untuk mengatur lipatan kain alih-alih menggunakan setrika.

6. Cuci dan Keringkan Bahan Sebelum Dijahit

Tidak semua kulit sintetis bisa dicuci sama seperti kulit yang asli. Untuk itu coba cuci dan keringkan potongan bahan kulit sintetis sebelum menjahitnya.

Apakah ada penyusutan, jika ada penyusutan maka kalian harus melonggarkan ukuran jahitan agar tidak kekecilan saat dipakai. Langkah ini juga biasa digunakan dalam menjahit bahan biasa selain kulit.

7. Percobaan Pertama

Menjahit Kulit Sintetis
kursustas.com

Apabila ini proyek pertama kali kalian dalam mencoba menjahit kulit sintetis, maka buatlah pakaian atau aksesoris yang sederhana dulu. Misalnya saja sarung bantal sofa, dompet, tas jinjing atau tote bag.

Coba menjahit terlebih dahulu potongan-potongan kain sisa dalam rangka trial dan eror. Bisa juga dengan menjahit kain biasa terlebih dahulu sebelum benar-benar menjahit bahan kulit sintetis.

8. Memilih Pola Jahitan

Barang-barang dari kulit asli cenderung memiliki lebih banyak jahitan. Jadi untuk tampilan yang lebih autentik dan mirip dengan produk kulit asli pilihlah pola dengan banyak bagian kecil.

Bisa juga dengan menambah jahitan pada bagian yang terlihat. Apabila kalian belum tahu dimana tempat membeli bahan kulit sintetis kalian bisa membelinya secara online, tapi tentu saja tidak sememuaskan belanja secara langsung.

Membeli bahan kulit sintetis bukan di tempat penjual kain biasa. Kalian bisa mendapatkannya di toko bahan kulit sintetis atau di toko bahan sofa dan jok.

Nah. itu tadi beberapa tips cara menjahit kulit sintetis yang bisa dipraktekkan sendiri di rumah.

Mungkin beberapa dari kalian yang masih menjadi penjahit pemula akan sedikit kesusahan. Teruslah mencoba agar bisa dijadikan usaha bila berhasil. Tetap Semangat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.