Pengertian Motivasi Belajar Beserta Jenisnya

Mendapatkan motivasi akan membuat seseorang berubah ke arah yang lebih baik.

Motivasi yang lebih baik dalam belajar akan menunjukkan hasil yang baik, dengan kata lain bahwa dengan usaha yang tekun yang didasari adanya motivasi, akan dapat melahirkan prestasi yang baik.


Jenis-jenis Motivasi Belajar


√ Pengertian Motivasi Belajar Beserta Jenisnya

inakoran.com

Secara umum motivasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :

a. Motivasi Instrinsik yang berasal dari diri sendiri tanpa dipengaruhi faktor lingkungan

b. Motivasi ekstrinsik yang berasal dari luar, semisal mendapatkan pujian orang lain.


Cara Membangkitkan Motivasi Belajar


√ Pengertian Motivasi Belajar Beserta Jenisnya

careeraddict.com

Menurut Nasution (1982:81) cara membangkitkan motivasi belajar antara lain:

1. Memberi Angka

2. Memberikan hadiah

3. Hasrat atau tekad belajar

4. Mengetahui hasil

5. Memberikan pujian

6. Menumbuhkan minat belajar

7. Menciptakan suasana yang menyenangkan


Pengertian Motivasi Belajar


√ Pengertian Motivasi Belajar Beserta Jenisnya

orlandoweekly.com

Pengertian motivasi belajar menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu.

Bisa dikatakan motivasi adalah suatu energi penggerak, pengarah, dan memperkuat tingkah laku.

Motivasi sendiri terbagi dua yaitu motivasi intrinsik, yaitu motivasi yang timbul dari dalam individu untuk berbuat sesuatu. Selanjutnya ada motivasi ekstrinsik, yaitu motivasi yang timbulnya dari luar individu.

Dalam proses belajar, motivasi mempunyai peranan yang sangat penting untuk membangkitkan semangat belajar siswa. Agar kegiatan belajar mengajar itu memberikan hasil yang efektif maka perlu adanya usaha untuk membangkitkannya.

Pengertian motivasi belajar secara umum merupakan dorongan dan semangat yang muncul dari diri siswa atas dasar keinginannya sendiri.

Yaitu suatu daya penggerak dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan yang menimbulkan dan memberikan arah kegiatan belajar.

Pengertian motivasi belajar secara lengkap adalah keseluruhan daya penggerak baik dari dalam diri maupun dari luar siswa (dengan menciptakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu).

Yang menjamin kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.

Berikut adalah pengertian motivasi belajar menurut para ahli:

1. Sardiman (1986: 75)

Pengertian motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar.

Yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai.

2. Uno (2006)

√ Pengertian Motivasi Belajar Beserta Jenisnya

manado.tribunnews.com

Pengertian motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling mempengaruhi. Motivasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik, berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan belajar, harapan akan cita-cita.

Sedangkan faktor ekstrinsiknya adalah adanya penghargaan, lingkungan belajar yang kondusif, dan kegiatan belajar yang menarik.

3. McCombs (1991)

Motivasi belajar adalah kemampuan internal yang terbentuk secara alami yang dapat ditingkatkan atau dipelihara melalui kegiatan yang memberikan dukungan, memberikan kesempatan untuk memilih kegiatan.

Memberikan tanggung jawab untuk mengontrol proses belajar, dan memberikan tugas-tugas belajar yang bermanfaat dan sesuai dengan kebutuhan pribadi.

4. Afifudin (dalam Ridwan, 2008)

Pengertian motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri anak yang mampu menimbulkan kesemangatan atau kegairahan belajar.

5. Winkel (2003) dalam Puspitasari (2012)

Motivasi belajar adalah segala usaha di dalam diri sendiri yang menimbulkan kegiatan belajar, dan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar serta memberi arah pada kegiatan kegiatan belajar sehingga tujuan yang dikehendaki tercapai.

Motivasi belajar merupakan faktor psikis yang bersifat non-intelektual dan berperan dalam hal menumbuhkan semangat belajar untuk individu. Seseorang yang terlahir mengemban kewajiban belajar hingga mencapai liang lahat.

Semoga artikel tentang pengertian motivasi belajar ini dapat bermanfaat. Salam!

Keyword: Pengertian Motivasi Belajar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.