Pengertian PU Leather, Karakteristik, Serta Cara Perawatannya

Pengertian PU LeatherPoly urethane (PU) leather merupakan jenis bahan kulit sintetis atau imitasi. Sering juga disebut sebagai kulit bicast karena memiliki kesamaan dengan kulit asli (genuine leather).

Terkadang dalam proses pengolahannya pembuatan PU leather merupakan hasil kombinasi kulit asli dengan lapisan polyurethane yang dipress.

Pengertian PU Leather

Pengertian PU Leather
walterychina.com

Dapat dikatakan PU leather merupakan kulit hasil buatan tangan manusia yang hampir menyerupai kulit hewan asli.

Harga kulit asli yang begitu mahal tidak dapat dijangkau oleh kantong semua kalangan.

Alternatifnya dibuat PU leather dengan harapan agar semua kalangan masyarakat dapat merasakan bagaimana euforianya mengenakan produk berbahan dasar kulit.

Meskipun usia pakai PU leather tidak selama kulit asli, namun harga produknya jauh lebih murah dan dapat juga meningkatkan style dan fashion bagi yang memakainya.

Karakteristik Poly Urethane Leather

bukalapak.com

Sekilas bahan kulit imitasi terlihat sangat mirip dengan bahan dari kulit hewan asli. Tentu saja kulit imitasi ini terbagi menjadi beberapa kualitas, mulai dari kualitas premium, kw 1, kw 2 hingga kw sekian.

PU leather merupakan salah satu jenis kulit imitasi terbaik yang dikenal di pasaran. Bahan ini memiliki kualitas dan daya tahan terbaik dibandingkan dengan jenis kulit imitasi lainnya.

Terbuat lebih dari satu jenis material komposit, yaitu terdiri dari beberapa golongan polimer jenis urethane. Sehingga PU leather karakteristiknya hampir mendekati bahan kulit asli.

Bedanya tekstur PU leather lebih lembut dan licin jika dibandingkan dengan kulit asli.

Keunggulan produk PU leather tahan terhadap gesekan, tahan aus, stabil pada suhu dingin dan panas, serta tidak rentan terhadap bahan kimia ringan.

Keistimewaan lainnya yaitu kulit poly urethaene dapat dicuci dan aman meskipun menggunakan detergen sekalipun.

Karakteristik dan keunggulan di atas menjadikan produk dari bahan PU leather lebih laku di pasaran. Selain itu didukung juga oleh harganya yang terjangkau.

Cara Perawatan Kulit Poly Urethane

Pengertian PU Leather
ciceroleather.com

Perlu diketahui sebelum bahan PU leather Berjaya di pasaran, dikenal bahan PVC leather yang Berjaya terlebih dahulu. Merupakan kulit imitasi yang terbuat dari plasticizer dengan permukaan kaku dan lebih rapuh.

Perawatan PVC juga terbilang agak rumit karena rentan terkelupas dibandingkan bahan PU leather.

Agar produk PU leather anda awet lebih lama, anda hanya perlu melakukan perawatan dengan membersihkannya secara rutin untuk menghilangkan noda yang menempel.

Jika kotoran yang menempel sulit dibersihkan anda bisa mencuci kulit PU dan mengeringkannya di bawah sinar matahari.

Tenang saja, PU leather akan aman meski terpapar cahaya matahari karena tidak gampang berubah warna atau tekstur seperti kulit asli.

Jika dompet atau tas anda mengelupas, anda dengan mudah dapat mengganti dan memperbaiki lapisan kulit terluarnya dengan bahan PU leather yang baru.

Berbeda sekali dengan kulit asli dimana sulit diganti jika rusak atau mengelupas

Cara Membersihkan

biopolish.com

Berikut kami sajikan beberapa tips dalam membersihkan produk berbahan PU leather yang anda miliki di rumah:

  • Sediakan kain lap atau handuk halus, wadah kecil, sabun atau shampoo bayi, botol semprotan, da sikat lembut (misal sikat gigi bekas).
  • Pertama sikat bagian yang kotor pada bahan terlebih dahulu baru kemudian bersihkan bagian dalam tas.
  • Larutkan sabun atau shampoo bayi di dalam air dengan perbandingan 8:1 (air:sabun), lalu tuangkan larutan sabut tersebut ke dalam botol semprotan.
  • Semprot kain lap atau handuk halus dengan larutan sabun kemudian lap noda yang menempel pada bahan secara perlahan-lahan.
  • Lakukan pengelapan searah agar tidak merusak tekstur dari bahan PU leather.
  • Sekiranya kotoran telah menghilang, lap menggunakan kain kering yang bersih lalu keringkan produk PU leather anda.
  • Setelah kering jangan lupa oleskan lotion kulit pada permukaan bahan, agar kelembapan dan kelenturan bahan tetap terjaga seperti sedia kala.

Nah, setelah membaca ulasan singkat mengenai pengertian PU leather di atas anda tentu tidak bingung lagi dong saat belanja online lalu memnava eketerangan bahan, PU leather. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

2 Comments

  1. By Aleta Leather

    Great blog you have got here.. It’s difficult to find good quality writing like yours these days.
    I seriously apporeciate individuals like you! Take care!!

  2. By Lutfi

    Segi kualitas pasti tetap dong kulit asli kalau kulit asli itu di bakar gk jadi masalah tapi kalau PU Leather gmna?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.