Proses Pembuatan Jaket Kulit | Persiapan Bahan Baku Hingga Pemolesan

Proses pembuatan jaket kulit pada prinsipnya sama dengan produk kulit lainnya. Yang membedakan adalah dari segi desain dan bahan bakunya. Tidak semua jenis kulit cocok untuk dijadikan jaket.

Banyak yang mengatakan untuk menghasilkan jaket dengan kualitas terbaik maka kulit domba adalah bahan paling bagus. Namun beberapa produk jaket kulit sapi dan kulit kambing pun kini juga laris di pasaran.


Proses Pembuatan Jaket Kulit Asli


Pemilihan kulit domba sebagai bahan utama untuk membuat jaket karena karakteristiknya yang cocok.

Dimana kulit domba memiliki sifat lentur dengan pori-pori yang sangat kecil. Ketebalannya menghasilkan jaket hangat berkualitas tinggi. Secara umum berikut uraian singkat mengenai proses pembuatan jaket kulit:

Penentuan Bahan Dasar

dakwahgembira.com

Untuk menentukan bahan didasarkan pada jenis jaket yang akan diproduksi. Misal untuk membuat jaket musim dingin maka gunakanlah bahan dari kulit dengan tekstur tebal seperti kulit domba.

Kulit yang sudah diambil harus segera mendapatkan perlakuan pendinginan atau pengawetan dengan pemberian garam.

Hal ini bertujuan agar kulit tetap terjaga karakteristik dan keasliannya meski sudah menjadi bahan baku. Beberapa jenis proses pengawetan kulit asli dapat dibaca pada artikel sebelumnya.

Tanning

travel.detik.com

Penyamakan (tanning) merupakan tahapan penting dalam menentukan kualitas bahan kulit yang dihasilkan.

Proses penyamakan sendiri terdiri dari beberapa tahap di antaranya pencucian kulit, pengeringan, pencabutan bulu, hingga proses pengawetan.

Tujuan utama penyamakan adalah untuk memperbaiki karakteristik kulit dari kulit mentah yang mudah rusak karena mikroorganisme menjadi kulit olahan yang lebih awet.

Coloring

fitinline.com

Kulit yang sudah tersamak dengan baik selanjutnya dicelup warna sesuai yang dikehendaki.

Untuk membuat jaket warna yang paling sering digunakan yaitu warna-warna monokrom seperti hitam, coklat, dan abu-abu.

Pewarnaan dilakukan menggunakan zat kimia yang bagus agar nantinya menghasilkan kulit olahan yang tidak luntur saat dicuci. Setelah dicelup warna selanjutnya kulit dikeringkan dengan cara dijemur.

Pastikan kulit benar-benar kering agar diperoleh hasil yang maksimal. Karena jika kulit masih basah dan sudah masuk pada tahap selanjutnya maka dapat menghasilkan belang pada permukaan kulit.

Membuat Desain

Proses Pembuatan Jaket Kulit
kulitgarut.hatenadiary.com

Layaknya menjahit pakaian sebelumnya pasti dibuat desain terlebih dahulu. Begitu juga dalam membuat jaket kulit, tentukan dulu pola desain jaket yang akan diproduksi baru kemudian dijahit.

Dalam hal ini tugas para desiner maupun penjahit sangat menentukan hasil akhir jaket. Model yang dibuat usahakan mengikuti trend terkini agar jaket kulit yang dibuat laku di pasaran.

Kini membuat desain jahitan dapat menggunakan software komputer. Perkembangan teknologi yang semakin maju memudahkan segala jenis pekerjaan termasuk di dalamnya membuat jaket kulit.

Meski begitu masih banyak juga penjahit atau desiner yang lebih menyukai menggambar pola di atas kertas atau karton.

Mengukir ide menggunakan pensil terkadang menghasilkan karya yang lebih luar biasa ketimbang menggunakan aplikasi atau software.

Menjahit Pola

Proses Pembuatan Jaket Kulit
liputan6.com

Selanjutnya desain yang sudah jadi kemudian dijahit sesuai dengan polanya.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya menjahit produk kulit dapat dilakukan dengan dua cara, baik menggunakan mesin atau jahit tangan.

Pada keduanya terdapat kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menjahit menggunakan tangan dibutuhkan keterampilan yang sudah mumpuni dan berpengalaman.

Karena dibutuhkan kejelian yang lebih untuk menghasilkan jahitan yang keren jika menggunakan tangan.

Rouging

Proses Pembuatan Jaket Kulit
fitinline.com

Rouging atau pemolesan jaket merupakan tahap akhir dari proses pembuatan jaket.

Pemolesan bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau noda yang mungkin saja masih menempel selama proses produksi berlangsung.

Selain itu pemolesan juga bertujuan agar permukaan jaket lebih mengkilap dan shiny saat diterjunkan ke pasar. Hingga konsumen yang melihatnya tergoda untuk membeli karena mengkilap dan rapih.

Sekian mengenai ulasan proses pembuatan jaket kulit. Apapun model jaketnya, selama berbahan kulit pasti akan terlihat menarik dan menawan untuk digunakan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.